PERJALANAN IPMB DARI TAHUN KE TAHUN

Senin, 14 Februari 2011

POHON BARU DI TAHUN BARU BUAT SAMOSIR

Salam Pemuda.........!!!
Horas......!!! Njuah-njuah......!!! Mejuah-juah......!!! 
Apa Kabar Para Sahabat Muda Semuanya.....!!! 

Posting kali ini adalah bentuk dari kegiatan yang telah dilaksanakan oleh IPMB pada 4-6 Februari Lalu di Kab. Samosir yang berhubungan/sebagai jawaban dari posting sebelumnya, walaupun semua bagian dari IPMB merasakan bahwa susahnya berbuat kebaikan di muka bumi ini, khususnya di daerah kita Orang Batak, Sumatera Utara. Mulai dari susahnya mengajak maupun menghimbau berbagai kalangan untuk ikut serta dalam kegiatan ini, hingga muncul anggapan-anggapan yang negatif juga dari sebagian orang terhadap kegiatan ini, dan banyak masalah lain yang dihadapi IPMB baik itu dari Eksternal maupun Internal IPMB sendiri. Hal ini mengakibatkan panitia pelaksana harus melakukan perubahan disegala unsur yang berhubungan, mulai dari pengunduran waktu pelaksanaan hampir satu bulan dari yang telah ditentukan, pengurangan konsep yang telah dususun sebelumnya, hingga penambahan konsep yang lebih ringan secara mendadak pada saat pelaksanaan kegiatan. Pada akhirnya tanggal 4-6 februari lalu kegiatan ini telah dilaksanakan, hal ini menandakan bahwa IPMB tidak akan menyerah begitu saja dan tetap berjuang untuk menegakkan "Solidarity For Humanity" sebagai Motto IPMB khusunya untuk Tano Batak yang kami cintai.




Berikut penjelasan mengenai AKSI PEDULI LINGKUNGAN IPMB. 


Samosir,  4-6 Februari 2011

IPMB - Ikatan Pemuda/i dan Mahasiswa Batak (IPMB) Sumatera Utara kembali menggelar kegiatan pengabdian masyarakat dalam bentuk Aksi Peduli Lingkungan Hidup di Desa Silimalombu, Kec. Onan Runggu, Kabupaten Samosir dengan mengangkat tema “Pohon Baru di Tahun Baru”.
Adapun tujuan dari kegiatan ini adalah keikut sertaan IPMB dalam hal meningkatkan rasa cinta akan lingkungan, menunjukkan sikap dan perbuatan yang peduli terhadap kelestarian lingkungan hidup yang dimulai dari Kab. Samosir dan menciptakan kawasan yang hijau, asri dan tertata rapi hingga tercipta lingkungan yang sehat, indah dan nyaman.
Aksi ini dilakukan selama 3 hari dengan rangkaian kegiatan menanam bibit pohon sebanyak ± 500 batang dan pembersihan sekitar tepi Danau Toba dari sampah-sampah yang dapat merusak keindahan Danau Toba  ataupun ekosistem yang ada di danau khususnya di Desa Silimalombu. Anggota IPMB yang turut serta dalam kegiatan ini berjumlah 30 orang termasuk Badan Pengurus Harian (BPH) IPMB yang diketuai oleh Dion Padang dan seluruh panitia pelaksana yang diketuai oleh Elvan Hariono Tampubolon serta anggota.
Kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik karena semangat dan kerja keras panitia pelaksana dan anggota IPMB lainnya, serta dengan dorongan yang diberikan oleh Bpk. Manaor Silaban Selaku Ketua Dewan Pembina IPMB serta nasehat yang diberikan oleh Bpk. Aris Fadillah Acheen, ST. Msi,  selaku Ketua Dewan Penasehat IPMB. Walaupun banyak tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari permasalahan mencari dana dan menyesuaikan jadwal kuliah dengan kegiatan aksi ini, mengingat anggota serta panitia adalah mahasiswa yang berasal dari berbagai Universitas di Sumatera Utara dan menghadapi permasalahan lainnya. Aksi ini pada awal perencanaan akan dilaksanakan pada bulan Januari namun baru dapat terlaksana pada tanggal 4 s/d 6 Februari 2011 lalu.
Selama kegiatan ini berlangsung IPMB didampingi oleh Ratnauli Gultom yang bersedia sebagai penyedia lahan, bibit pohon dan memfasilitasi kegiatan sekaligus yang akan merawat dan menjaga pohon tersebut. Ratnauli Gultom mengatakan sekecil apapun yang kita perbuat untuk lingkungan, itu memiliki pengaruh besar untuk kedepannya. Beliau juga merasa senang atas kesediaan IPMB melaksanakan aksi peduli lingkungan hidup ini di desanya sendiri.
Dengan dilaksanakannya kegiatan ini, IPMB sangat berharap kedepannya semakin banyak orang yang peduli dengan lingkungan dan mendukung serta bersedia bekerjasama dalam aksi sosial lainnya bersama IPMB, demi terciptanya daerah Batak yang sesuai dengan yang diharapkan” Ujar Dion. 

Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada kalangan-kalangan yang ikut serta mendukung kegiatan ini, yang tidak dapat kami tuliskan satu-persatu. Dan ucapan banyak terima kasihkami ucapkan buat kakak kami Ratnauli Gultom yang begitu banyak memberikan sumbangsih pada kegiatan IPMB ini. IPMB berterima kasih juga kepada seseorang yang berasal dari Polandia yang telah kami anggap bagian dari IPMB yaitu Miko yang bersedia bersama-sama IPMB Melaksanakan Kegiatan AKSI PEDULI LINGKUNGAN IPMB. Terima kasih untuk panitia pelaksana kegiatan  dan anggota IPMB lainnya, tetap berjuang wahai pemuda "Get Change To The Future Our Tano Batak" :) .

Untuk Gallery Fhoto Kegiatan Dapat Dilihat DISINI  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar